Syarat dan Rukun Nikah (5 Wajib Terenuhi)

Jika kamu sedang merencanakan pernikahan maka harus tahu syarat dan rukun nikah yang wajib terpenuhi. Pengertian rukun nikah, Rukun adalah hal wajib atau pokok yang harus ada agar bisa dinyatakan sah. Dalam urusan pernikahan tentu ada beberapa rukun nikah yang harus dipenuhi supaya nikah dianggap sah, baik secara agama (nikah secara islmai) ataupun aturan hukum yang ada di Indonesia.

Rukun Nikah

Diambil dari Zakaria al-Anshari dalam Fathul Wahab bi Syarhi Minhaj al-Thalab (Beirut: Dar al-Fikr), juz II, hal. 41, rukun nikah ada 5

syarat dan rukun nikah

Artinya:

“Pasal tentang rukun-rukun nikah dan lainnya. Rukun-rukun nikah ada lima, yakni mempelai pria, mempelai wanita, wali, dua saksi, dan shighat”

Syarat dan Rukun Nikah

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan syarat dan rukun nikah ada 5 diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Calon Suami

calon suami adalah mempelai pria untuk wanita yang ingin dinikahinya, ini hukumnya wajib yang pertama yang harus terpenuhi agar syarat sah nikah bisa dilaksanakan.

  • Calon Istri

Calon istri adalah mempelai wanita yang siap untuk dinikahi oleh sang mempelai pria, seorang pria tidak boleh menikahi perempuan yang masih dalam kategori haram, haram yang dimaksud jika sang mempelai wanita masih ada ikatan satu darah (saudara), hubungan mertua dan persusuan.

  • Wali

Untuk wali sebagai mempelai wanita berarti orang tua baik itu ayah kandungnya, kakek, atau paman dari pihak ayahnya. Untuk urutannya yang berhak menjadi wali seorang mempelai wanita mulai dari ayah kandung, kakej dari ayah itu sendiri, saudara kandung laki-laki (bisa adik atau kakak), saudara laki-laki seayah, paman. Yang terpenting dari jalur ayah mempelai wanita.

  • Saksi

Untuk Saksi minimal ada 2, dimana kedua saksi ini harus memiliki sifat terpercaya, adil, laki-laki, merdeka, berakal, baligh dan islam.

  • Shighat (Ijab & qabul)

Shighat adalah ucapan ijab dan qabul yang wajib diucapkan para wali yang mewakili dengan calon suami atau mempelai pria.

Nah itulah syarat dan rukun nikah yang harus terpenuhi, jika ada yang bertanya seperti ini, mahar termasuk rukun atau syarat nikah ?

Jawabannya ada di firman Allah SWT

lima rukun nikah

Artinya:

“Tidak ada kewajiban membayar atas kamu, jika kamu menceraikan isteri-isteri kamu sebelum kamu bercampur dengan mereka dan sebelum kamu menentukan maharnya. (QS. Al-Baqarah : 236)”

Jadi paham ya sampai disini, semoga artikel ini bisa memberikan wawasan untuk kamu yang ingin segera menikah, jika sudah mantap menikah dan sedang mencari ide atau inspirasi contoh undangan pernikahan kami juga ada membahasanya pada artikel sebelumnya.

Tinggalkan komentar